*****Memilih Talang Air Mobil*****



Banyak pilihan terkadang membuat kita bingung untuk memilih.
Setidaknya harus ada pedoman atau masukan dari sumber lain sebagai acuannya.
Demikian pula dengan talang air mobil(car visor)salah-salah memilih bisa jadi masalah pula.Talang air mobil terbuat dari beberapa jenis bahan serta beberapa cara sistem pembuatannya.Harapan artikel ini setidaknya dapat memberi sedikit informasih yang berguna bagi anda semua.

Untuk model-model talang air tentunya semua sudah pernah membaca artikel saya sebelumnya jadi tidak usah dibahas lagi dan bagi yang belum,silahkan mampir disini
Talang Air mobil,ada yang tipis dan tebal begitu dengan warnanya yang umum hitam dan silver.Warna hitampun terbagi beberapa lagi,ada yang hitam pekat dan hitam transparan.
Kualitas bahan yang kurang bagus dapat mempengaruhi talang air itu sendiri tentunya.
Sistim pengerjaannyapun berbeda pula,ada yang sistem potong (press)per bagian adapula sistem cetak langsung (atau istilahnya injeksi).Talang air sistem injeksi mempunyai fisik lebih tebal dan berat bila dibandingkan dengan yang bukan injeksi(Harganyapun berbeda jauh dengan yang biasa).

Biar lebih jelas mari kita bahas bersama-sama satu persatu.
Hal apa saja yang menjadi pertimbangan dalam memilih talang air mobil,antara lain:

Kualitas Bahannya. Kualitas bahan adalah pertimbangan pertama alsanya ya sederhana saja. Bahan yang baik tentunya talang airnyapun bagus.Pilihlah talang air yang agak tebal supaya nantinya tidak mudah pecah(patah)atau menjadi sedikit penyok(melengkung) bila terkena terpaan angin kencang saat mengemudi mobil.Carilah yang sedikit tebal tetapi agak eslastis.Yang tidak elastis(kaku) takutnya terlalu sering kena sinar matahari yang ada malah retak-retak dan akhirnya pecah.

Warnanya. Kalau masalah warna ya selerah masing-masing saja.Ada yang suka warna silver,warna bening transparan ataupun warna hitam pekat(solid black).Tetapi yang mau kita bahas disini bukan masalah selerah terhadap warnanya.Kita akan membahas tentang ketahanan warnanya yang tidak pudar.Faktor cuaca dapat mempengaruhi warna asli dari talang air. Yang tadinya hitam pekat,pudar menjadi transparan kecoklatan atau kebiruan malah ada yang menjadi tidak beraturan lagi warnanya(buram).Kalau pudarnya rata bagian depan dan belakang sich gak begitu masalah kali ya.Tapi kalau pudarnya bagian depan saja jadi belang-belang dong warnanya.Banyak dijalanan saya lihat yang seperti ini.Depannya sudah mulai pudar kebiruan(biru yang lebih terang) tetapi belakangnya masih tetap biru tua.Begitu juga dengan warna hitam memudar menjadi coklat bening. Carilah info dahulu sebelum memutuskan untuk membeli.Carilah talang air yang tahan disegala cuaca agar warnaya tidak memudar.

Alat Pendukungnya. Maksudnya begini,untuk memasang talang air ke mobil tentunnya kita memerlukan lem perekat(double tape,biasanya sudah ada pada talang airnya).Kita juga harus mempertimbangkan double tape(perekat dua sisi)yang digunakannya.Carilah yang mengunakan bahan double tape yang benar-benar lengket biar nantinya tahan terhadap cuaca dan tekanan angin pada saat mobil jalan kencang.Biasanya bagian depan lebih banyak menahan beban angin sehingga kalau double tapenya tidak bagus akan membuat talang airnya terlepas dari body mobil.Kalau sudah begitu pastinya kalau tidak patah terbelah dua ya terbang deh diudara bebas.Seringkan kita lihat mobil yang talang airnya tinggal bagian tertentunya saja.Kalau untuk yang injeksi(berhubung fisiknya agak tebal dan berat)pastikan ada klip/baut tambahan untuk mendukung double tapenya biar benar-benar kokoh terpasang pada mobil dan tahan terhadap tekanan angin.

Yang Terakhir Bentuk Fisiknya. Sebenarnya ini opsional saja,tapi tidak ada salahnya kitabahas. Untuk Model-model talang air tentunya kita sudah paham semua.Dari model-model tersebut tebagi lagi ukurannya,ada yang semi jumbo,jumbo dan ultra slim.Pilihlah ukuranya sesuai bentuk mobil kita.Ya kalau jenis mobil sedan pasannglah yang ukuran sesuai dengan mobilnya,kalau dipasang model jumbo(lebar) sepertinya kurang pantas...he...he..... Nah kalau kelas mobil-mobil besar sangat cocoklah dipasang ukuran jumbo(semi jumbo) tadi.Ya semuanya tergantung pribadi masing-masing saja ya.Enggak ada yang melarang... Selamat memilih talang air mobil.....








MCBC Side Visor
PIN BB:2699389C